Apa Itu Bancassurance? Apa Bedanya dengan Asuransi Biasa?

Posted by Surabaya Creative Production on 19.33.00 with 1 comment
Kamis, 14 Januari 2016
1
apa itu bancassurance


Niat di hati sudah menggebu-gebu mau ikut asuransi pribadi. Buka Internet mau cari asuransi yang pas, eh, malah kebingungan melanda karena banyak jenis asuransi.

Asuransi jiwa, unit link, pendidikan, semua cukup akrab di telinga. Tapi lalu terselip kata “bancassurance” di laman Mbah Google. Apa itu bancassurance?

Berbeda dengan asuransi jiwa dan kawan-kawan itu, bancassurance bukanlah jenis asuransi biasa dari perusahaan asuransi. Jenis asuransi ini ada berkat kerja sama perusahaan asuransi dengan bank. Karena itulah namanya nyerempet-nyerempet “bank” dan “asuransi”.

Sebenarnya, bancassurance adalah metode pemasaran produk asuransi. Metode lainnya adalah keagenan. Jadi, produk asuransi bancassurance ditawarkan bank kepada nasabahnya.


Bancassurance merupakan produk simbiosis mutualisme alias saling menguntungkan antara perusahaan asuransi, bank, dan nasabah sendiri. Keuntungan bagi nasabah antara lain:

– Lebih gampang mencari perusahaan asuransi
– Mendapat dua pelayanan sekaligus di satu tempat
– Sejumlah bank memberikan kemudahan kredit, seperti kartu kredit dan kredit pemilikan rumah, bagi nasabahnya yang ikut bancassurance

Menurut laporan The Finance, bisnis bancassurance di Indonesia terus bertumbuh. Ini artinya semakin banyak nasabah yang menjadi peserta bancassurance.

apa itu bancassurance
Bancassurance sedang naik daun nih. Selain praktis kamu nggak perlu sibuk memilih asuransi


Bancassurance diperkenalkan di Indonesia oleh Bank Lippo. Pada 1990-an, Bank Lippo bersama Lippo Life (Grup AIA di Indonesia) meluncurkan Warisan. Kini, sudah banyak bancassurance di Tanah Air, di antaranya:
1. BCA-AIA Financial
2. BRI-BRIngin Life
3. Bank Mandiri-AXA Mandiri Life
4. Bank Victoria-Jiwasraya
5. Bank Danamon-Manulife
6. BNI-BNI Life

Masing-masing produk bancassurance memiliki fitur sendiri-sendiri. Yang pasti, konsumen utama mereka adalah nasabah bank masing-masing.

Perbedaan dengan Asuransi Biasa

Seperti disebutkan sebelumnya, bancassurance adalah metode pemasaran produk asuransi. Jadi, produk yang ditawarkan kurang-lebih sama dengan produk asuransi pada umumnya.

Di antaranya

– Asuransi jiwa
– Asuransi pendidikan
– Asuransi unit link
– Asuransi properti

Yang membedakan adalah nasabah bancassurance akan memperoleh manfaat lain. Bukan hanya dari perusahaan asuransi, tapi juga dari bank.

apa itu bancassurance
Selain menabung, kamu bisa menikmati fitur asuransi dari bank kesayanganmu


Misalnya untuk membayar premi. Nasabah bisa melakukan pendebetan otomatis dari tabungannya di bank. Jadi, gak perlu takut telat bayar premi, selama duit di tabungan cukup.

Selain itu, saat klaim asuransi, pihak bank bisa membantu pengurusan. Biasanya pihak perusahaan asuransi akan menempatkan petugasnya di bank untuk mengurusi klaim ini.


Adapun syarat dan ketentuan dalam polis umumnya sama. Seperti nominal uang pertanggungan dan periode asuransi.

Cara Ikut Bancassurance

Untuk menjadi peserta bancassurance, tentunya kita mesti terdaftar sebagai nasabah bank yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi. Di cabang-cabang bank tersebut biasanya tersedia booth khusus dari perusahaan asuransi yang bekerja sama.

Di booth ini kita bisa bertanya-tanya apa pun seputar produk bancassurance yang ditawarkan. Termasuk keuntungan menjadi nasabahnya.

Jadi, gak perlu menuju perusahaan asuransi terkait. Gak perlu juga berhadapan dengan agen asuransi. Data kita sebagai nasabah bank bisa langsung disalin oleh petugas asuransi, sehingga prosesnya lebih cepat.

Sebelum memutuskan ikut bancassurance, sebaiknya melihat dulu kualitas finansial pribadi. Selain itu, lihat kira-kira apa yang harus diproteksi dari diri kita, apakah kesehatan, jiwa, properti, dana, atau yang lain.

apa itu bancassurance
Jatah premi per bulan asuransi bisa diatur sesuai kemampuanmu


Hitung jatah premi per bulan yang disetorkan untuk disesuaikan dengan penghasilan. Jangan sampai karena ngebet ikut bancassurance lalu keuangan malah keteteran karena sebagian dialokasikan untuk membayar premi.

Jika memungkinkan, berkonsultasilah dengan orang yang punya pengalaman dengan produk bancassurance tertentu. Siapa tahu ada pencerahan yang bisa membantu kita menentukan pilihan.
(Sumber :  https://blog.duitpintar.com/apa-itu-bancassurance-apa-bedanya-dengan-asuransi-biasa-2 )